Segmentation, Targeting, Positioning ( STP ) dan Analisis Kebun Raya Bogor

Segmentation, Targeting, Positioning


Segmentation, Targeting dan Positioning adalah inti dari suatu system pemasaran yang dapat menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam memilih pasar mereka. Dalam menentukan pasar yang akan dituju, perusahaan harus mengetahui potensi dari masing-masing pasar terlebih dahulu. Setelah mengevaluasi potensi dari masing-masing pasar perusahaan harus dapat menentukan satu atau beberapa pasar yang paling menarik untuk dilayani. Jika perusahaan telah memutuskan segmen pasar mereka dan menetapkan segmen tertentu untuk dilayani maka perusahaan harus mampu menempatkan produknya dimata konsumen sehingga konsumen dapat membedakannya dengan produk pesaing.

Segmentation


Sofjan Assauri (2015, h.145) menjelaskan Segmentasi pasar dimaksud  sebagai kegiatan membagi suatu pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berbeda. Masing-masing kelompok tersebut terdiri dari konsumen yang mempunyai ciri sifat yang sama atau hampir sama. Setiap kelompok konsumen dapat di pilih dalam suatu pasar yang akan dicapai dengan setrategi marketing mix yang berbeda jadi segmentasi pasar merupakan strategi pemasaran yang di lakukan dengan sadar dan sengaja untuk membagi pasar ke dalam bagian–bagian, sebagai dasar untuk membina bagian bagian tertentu guna di jadikan pasar sasaran yang akan di layani. Kotler, Dalam jurnal May Sandy Br Ginting (2016), mendefinisikan segmentasi menjelaskan bahwa pengertian segmentasi pasar dimaksud tidak lain adalah suatu usaha untuk mengelompokkan konsumen dalam  beberapa kelompok yang secara relatif
orang-orang nya cukup homogen. Segmentasi pasar dibagi menjadi empat kategori besar yaitu: Geografi, Demografi, Psikologidan Prilaku atauTingkah Laku.Dalam melakukansegmentasi itu merupakan keharusan dan untuk itu dilakukan strategi yang khusus pula dalam melakukan pendekatan kepada masing-masing segmen pasar yang dijadikan sebagai target pasar. 

Manfaat Segmentasi

Terbentuknya segmentasi pasar tentu bukan tanpa alasan. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan jalannya pemasaran. Beberapa manfaat yang timbul akibat segmentasi pasar adalah sebagai berikut.
a. Dapat merencanakan produk dengan lebih baik sehingga dapat memenuhi permintaan pasar.
b. Menentukan cara promosi yang paling tepat.
c. Menyalurkan modal ataupun usaha ke pasar potensial yang dapat menguntungkan bisnis.
d. Penjual akan berada pada posisi yang cukup baik, guna mengarahkan dan membandingkan kesempatan atau harapan dalam pemasaran sehingga mampu mempelajari setiap segmen.
e. Penjual dapat memakasi wawasannya untuk menanggapi usaha pemasaran yang berbeda-beda sehingga dapat mengalokasikan anggaran dengan tepat.
f. Dapat memilih media iklan yang baik dan menemukan bagaimana cara mengalokasikan dengan baik.

Kriteria Segmentasi Pasar

Setiap perusahaan yang menjalankan segementasi pasar tentu melakukan identifikasi terhadap berbagai segmen atau kriteria yang paling menarik agar dapat melayani konsumen dengan lebih efektif. Beberapa kriteria dari segmentasi pasar adalah sebagai berikut.

a. Pemasaran massal

Pemasaran massal ditandai dengan melakukan produksi, mendistribusi, dan mempromosikan secara massal pada seluruh konsumen. Produk yang dipasarkan adalah produk tunggal dengan harapan dapat memenuhi seluruh keinginan konsumen serta dapat menghemat biaya baik dalam hal produksi dan pemasaran. Pemasaran massal sekarang ini tidak lagi banyak diterapkan oleh perusahaan kecuali oleh perusahaan yang memiliki konsumen terbatas.

b. Pemasaran produk yang terdiferensiasi

Strategi pemasaran ini banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan. Dalam pemasaran ini perusahaan akan mencoba untuk mengidentifikasi berbagai macam kelompok pembeli tertentu dengan membagi pasar ke dalam dua kelompok segmen atau lebih dan pada masing-masing segmen ditawarkan jenis produk yang berbeda dengan kelompok yang lainnya.

c. Pemasaran Sasaran

Dalam pemasaran sasaran perusahaan hanya memusatkan usaha pemasarannya pada satu atau beberapa kelompok segmen pasar tertentu saja. Strategi pemasaran sasaran ini dilakukan dengan mengembangkan produk dan pembedanya serta melakukan bauran produk (marketing mix) untuk kelompok tertentu saja. Strategi ini banyak diterapkan karena adanya tingkat persaingan yang sangat tinggi.

Targeting

Definisi Targeting menurut Keegan & Green (2008, p. 220), adalah proses pengevaluasian segmentasi dan pemfokusan strategi pemasaran pada sebuah negara, propinsi, atau sekelompok orang yang memiliki potensi untuk memberikan respon. Sedangkan definisi target pasar (target market) menurut Kotler & Armstrong (2008, p. 183), adalah sekelompok pembeli (buyers) yang memiliki kebutuhan atau karakteristik yang sama yang menjadi tujuan dari promosi perusahaan. 
Dari kedua definisi tersebut targeting merupakan sebuah proses yang sangat penting karena akan menentukan siapa yang akan membeli produk dari perusahaan. Segmentasi dari target market dapat dibagi menjadi 4 macam menurut Kotler & Armstrong (2008, p. 183), yaitu:
·         Undifferentiated (Mass) Marketing
·         Differentiated (Segmented) Marketing 
·         Concentrated (Niche) Marketing
·         Micromarketing (Local atau Individual MarketingTargeting

Daftar di bawah ini mengacu pada apa yang diperlukan untuk mengevaluasi potensi dan daya tarik komersial dari masing-masing segmen.

Ukuran Kriteria: Pasar harus cukup besar untuk membenarkan segmentasi. Jika pasar kecil, itu bisa membuatnya lebih kecil.
Perbedaan: Perbedaan terukur harus ada di antara segmen.
Uang: Keuntungan yang diantisipasi harus melebihi biaya rencana pemasaran tambahan dan perubahan lainnya.
Dapat Diakses: Setiap segmen harus dapat diakses oleh tim Anda dan segmen tersebut harus dapat menerima pesan pemasaran Anda
Fokus pada manfaat yang berbeda: Segmen yang berbeda harus membutuhkan manfaat yang berbeda pula.

Positioning

             Definisi Positioning menurut Kotler & Keller (2006, p. 288), adalah suatu usaha perusahaan untuk memberikan gambaran (image) di dalam pikiran konsumen ketika melihat atau mendengar tentang produk atau brand dari perusahaan tersebut. Tujuan akhir dari Positioning ini adalah terbentuknya suatu proporsi nilai (value) sebuah produk pada seorang konsumen yang menciptakan suatu alasan meyakinkan mengapa mereka harus membeli produk tersebut.

Segmentasi, Targeting, dan Positioning Kebun Raya Bogor



      Seperti diketahui pasar terdiri dari beberapa kelompok pembeli yang berbeda. Ini menunjukkan bahwa pasar suatu produk atau jasa tidaklah homogen, karena itulah diperlukan segementasi pasar yaitu, usaha untuk mengelompokkan konsumen ke dalam kelompok-kelompok dengan ciri atau sifat yang sama atau hampir sama. Tujuan utama dari pada segmentasi pasar adalah agar kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya perusahaan di bidang pemasaran dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien yaitu menghasilkan produk dan jasa yang dapat memenuhi permintaan pasar. 
        KRB mengelompokkan pasar wisata ke dalam kelompok usia dan minat pengunjung. Untuk kelompok usia, KRB mengelompokkan usia pengunjung ke dalam usia anak-anak dan remaja. Sedangkan untuk kelompok minat, KRB mengelompokkan minat pengunjung ke dalam minat pengunjung terhadap rekreasi, pendidikan dan konservasi Kepala Bagian Jasa dan Informasi Kebun Raya Bogor.

Langkah berikut yang harus dilaksanakan perusahaan setelah melakukan segmentasi pasar adalah menentukan target pasarnya. 

         Target pasar sekelompok konsumen pada siapa perusahaan secara khusus mengarahkan usaha-usaha pemasarannya. Dengan kata lain setelah perusahaan mengevaluasi segmen-segmen yang ada, perusahaan dapat memilih satu atau lebih segmen pasar yang dianggapnya paling menguntungkan sebagai target pasar dan mengkonsentrasikan usaha-usaha pemasarannya. Target pasar utama KRB adalah para pelajar mulai dari tingkat TK, SD, SMP sampai SMA. Hal ini sesuai dengan misi yang ingin dicapai KRB yaitu mengembangkan pendidikan lingkungan untuk meningkatkan pengetahuan dan apresiasi masyarakat terhadap tumbuhan dan lingkungan.
      Positioning merupakan strategi untuk menempatkan produk maupun jasa di benak konsumen. KRB memposisikan dirinya sebagai wisata berbasis konservasi, pendidikan dan rekreasi. yaitu sebagai pusat konservasi tumbuhan dan kawasan wisata alam dimana terdapat beragam jenis tumbuhan tropis dari dalam negeri maupun luar negeri.

Daftar Sumber



  • Jurnal Manajemen Magister, Vol.03 No.01,  Januari 2017 Oleh Nanang Khoirul A, Herlina
  • https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mempelajari-segmentasi-pasar-secara-lengkap/
  • https://text-id.123dok.com/document/wye8xw51y-segmentasi-targeting-dan-positioning-kebun-raya-bogor.html
  • https://www.smartinsights.com/wp-content/uploads/2013/12/STP.png
  • https://www.smartinsights.com/wp-content/uploads/2013/12/positioningmap.png
  • https://www.smartinsights.com/digital-marketing-strategy/customer-segmentation-targeting/segmentation-targeting-and-positioning/
  • Komentar